-->

Pengertian Administrasi Basis Data dan Arsitektur DBMS

Jejak Kaki - Kita tahu Basis Data adalah tempat penyimpanan data secara terstruktur dan aman. Namun tahukah Anda ada juga yang disebut Administrasi Basis Data dan Arsitektur DBMS? Jika Anda belum memahami kedua hal tersebut, disini saya akan menjelaskan Administrasi Basis Data dan Arsitektur DBMS.

Administrasi Basis Data dan Arsitektur DBMS pada dasarnya saling berhubungan. Karena jika kita melakukan kegiatan Administrasi Basis Data maka Arsitektur DBMS yang mengaturnya. Untuk lebih memahaminya, kita pahami dahulu satu persatu apa itu Administrasi Basis Data dan Arsitektur DBMS.

Administrasi Basis Data


Administrasi Basis Data sebenarnya terdiri dari 3 kata yang masing-masing memiliki arti tersendiri, yaitu Administrasi/Adm., Basis, dan Data. Supaya kita lebih memahami lagi tentang Adm. Basis Data maka kita harus memahami terlebih dahulu arti dari ketiga kata tersebut, berikut adalah penjelasannya.

Administrasi/Adm. adalah tahapan/proses seperti menulis dan mengetik untuk memasukan suatu data secara rinci dari awal sampai akhir.

Basis, adalah sekumpulan/pusat/wadah yang berisikan sesuatu dengan secara lengkap dan terstruktur/rapih. Basis juga bisa dikatakan gudang dan lemari jika dipandang dalam segi dunia nyata.

Data, adalah refresentasi dari dunia nyata yang bersifat fakta. Contohnya seperti manusia, benda, dan lain-lain.

Kesimpulan : Jadi jika ketiga kata tersebut disatukan maka Adm. Basis Data adalah sekumpulan proses/tahapan dari awal-akhir dengan tujuan untuk mengumpulkan data yang tersimpan dengan rapih di tempat penyimpanan.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang Adm. Basis Data menurut Jejak Kaki. Jika Anda sudah paham tentang Adm. Basis Data, selanjutnya adalah Arsitektur DBMS.

Arsitektur DBMS


Sama seperti Adm. Basis Data, Arsitektur DBMS terdiri dari 2 kata yaitu Arsitektur dan DBMS. Berikut adalah penjelasannya.

Arsitektur, adalah rancangan/konsep untuk membuat suatu hal dengan terstruktur.

DBMS, atau kepanjangan dari Data Base Management System adalah mengataur atau mengelola database pada sebuah sistem yang menggunakan media penyimpanan elektronik (seperti PC) yang didalamnya berupa sistem operasi (OS) yang menggunakan aplikasi/program contohnya.

Kesimpulan : Arsitektur DBMS adalah suatu konsep atau rancangan untuk mengatur atau mengelola Database pada sebuah sistem yang menggunakan media penyimpanan elektronik (seperti PC) yang didalamnya berupa sistem operasi (OS) yang menggunakan aplikasi/program.

Arsitektur DBMS juga memiliki nama lain yaitu 3 Skema Arsitektur yang memiliki fungsi yaitu memisahkan database fisik dengan program aplikasi user.

3 Skema Arsitektur tersebut yaitu :
Level Internal, yaitu mendeskripsikan penyimpanan data dan jalur data.
Level Konsepsual, yaitu mendeskripsikan struktur secara keseluruhan yang meliputi entitas, atribut, relasi dan batasan.
Level Eksternal, yaitu mengidentifikasi pandangan data terhadap sekelompok user sesuai kebutuhan data yang dibutuhkan.

Nahh itulah penjelas mengenai Adm. Basis Data dan Arsitektur DBMS. Jika ada yang ingin Anda tanyakan Anda bisa menggunakan kolom komentar dibawah ini.
Mungkin cukup sekian Artikel ini saya buat, semoga bermanfaat. Jika artikel ini bermanfaat Anda bisa membagikan artikel ini langsung.

0 Response to "Pengertian Administrasi Basis Data dan Arsitektur DBMS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel