-->

Pengertian dan 7 Manfaat Database


Jejak Kaki - Data Base atau Basis Data secara singkat adalah media penyimpanan, dimana menurut bahasa Data adalah fakta yang nyata sedangkan Base bisa dikategorikan sebagai markas, ruang, wadah, gudang, ataupun tempat berkumpul jika dibayangkan dalam kehidupan nyata sehingga Data Base bisa diilustasikan sebagai lemari baju dimana baju dan barang lain didalamnya adalah sebagai Data.


Definisi/pengertian Data Base yaitu kumpulan file, arsip dan tabel yang saling berhubungan/berkaitan yang akan menghasilkan informasi dan dari database tersebut perlu adanya pengolahan atau manage yaitu Crite adalah membuat, menyediakan tempat, Read adalah menggunakan, Update adalah memperbaharui, Delete adalah hapus. Dan dapat disingkat CRUD untuk mudah di ingatnya.

Adapun beberapa pemanfaatan Basis Data dilakukan untuk memenuhi sejumlah tujuan sebagai berikut :
  •        Kecepatan dan Kemudahaan (Speed)

Pemanfaatan Basis Data memungkin kan untuk dapat menyimpan data atau melakukan perubahan/manipulasi terhadap data atau menampilkan kembali data tersebut dengan cepat dan mudah.
  •        Efesiensi ruang penyimpanan (State)

Penggunaan ruang penyimpanan di dalam basis data dilakukan untuk mengurangi jumlah redudansi (pengulangan) data, baik dengan melakukan penerapan sejumlah pengkodean atau dengan membuat relasi-relasi (dalam bentuk file) antar kelompok data yang saling berhubungan.
  •        Keakuratan (Accuracy)

Pemanfaatan pengkodean atau pembentukan relasi antara data bersama dengan aturan batasan tipe data domain data keunikan data dan lain sebagainya. Dan di terapkan dalam basis data sangat berguna untuk menentukan ketidakuratan pemasukan atau penyimpanan data.
  •        Ketersediaan (Avaibility)

Pertumbuhan data (baik dari jumlah maupun jenisnya). Sejalan dengan waktu akan semakin akan menumbuhkan ruang penyimpanan yang besar. Data yang sudah jarang atau bahkan tidak pernah lagi digunakan dapat diatur untuk dilepaskan dari sistem basis data dengan cara penghapusan atau dengan memindahkannya ke media penyimpanan.
  •      Kelengkapan (Completenees)

Lengkap atau tidaknya data yang di kelola bersifat relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu dalam sebuah basis data tersebut juga harus di simpan. Untuk mengkombinasi kebutuhan kelengkapan data yang semakin berkembang maka tidak hanya menambah record-record data, tetapi juga melakukan penambahan struktur dalam basis data.
  •     Keamanan (Security)

Sistem keamanan digunakan untuk dapat menentukan siapa saja yang boleh menggunkana  basis data dan menentukan jenis operasi apa saja yang boleh dilakukan.
  •        Kebersamaan Pemakai (Sharability)

Pemakaian basis data sering kali tidak terbatas hanya pada satu pemakain saja atau oleh satu sistem (aplikasi) yang mendukung lingkungan multiuser, akan dapat memenuhi kebutuhan ini, tetapi dengan menjaga/menghindari terhadpat munculnya persoalan baru seperti konsintensi data (karena data yang sama di ubah oleh banyak pemakai pada saat berssamaan).


0 Response to "Pengertian dan 7 Manfaat Database"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel