-->

Cara Membuat Aplikasi Kalkulator Android Menggunakan MIT App Invertor 2

Assalamualaikum Wr.Wb

Untuk kali ini Jejak Kaki akan berbagi Tutorial yang insya Allah bermanfaat bagi Anda semua. Jejak Kaki akan membahas Bagaimana cara Membuat aplikasi kalkulator di MIT App Invertor 2. Dimana aplikasi kalkulator yang dibuat adalah aplikasi berbasis mobile/android.

…apa itu aplikasi MIT App Invertor 2?

Bagi Anda yang belum mengetahui aplikasi ini. Apliasi MIT App Invertor 2 adalah sebuah Aplikasi yang digunakan untuk membuat/merancang aplikasi android seperti: Kalkulator, Biodata, Game dll.

Kelebihan dari MIT App Invertor 2 ini selain dari ukurannya yang ringan interfacenya juga sangat mudah untuk di pahami dan dalam pembuatan scriptnya pun tinggal di drag and drop yang berbentuk seperti puzzle, jadi kita tidak perlu mengetik script untuk pembuatan aplikasinya.

Ok langsung saja berikut cara Membuat Kalkulator di MIT App Invertor 2...

Tools untuk pembuatannya yaitu :

- Laptop (spesifik bebas)

- Aplikasi MIT App Invertor 2 (jika Anda belum menginstalnya, Anda bisa mendownloadnya di Google yang versie offline, atau jika ingin App Inventor yang full control Anda bisa search di Google App Inventornya yang versie onlinenya)

- Aplikasi Browser (Mozilla, Chrome, Opera Mini, atau yg lainnya)

Ok langsung saja ke cara pembuatan nya :

1. Install terlebih dahulu aplikasi MIT App Invertor 2, lalu buka App Invertor 2 Ultimate di dekstop

2. Buka browser yang terinstal di Laptop Kalian. Ketik localhost:8888 di address bar untuk mengakses MIT App Invertor.

2. Lalu, pilih Click Here to use your Google Account to login. Masukan email kemudian klik Log In.

3. Buat Projek baru dengan mengklik Start new project. Beri nama kalkulator untuk pembuatan aplikasinya.

4. Buatlah desainnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini atau Anda bisa mengubahnya sesuka hati Anda.



5. Klik Blocks pada bagian atas di sebelah kanan, blocks ini berfungsi untuk memasukan script/kode yang berbentuk puzzle untuk membuat aplikasi android sehingga memiliki algoritma. Silahkan masukan blocksnya dibawah ini untuk membuat aplikasi kalkulator.


Sesuaikan semuanya dengan nama dari setiap objek pada designnya. Seperti Textbox dan Button. Jika tidak sesuai nantinya akan error atau aplikasi tidak dapat digunakan.

6. Jika sudah tahap design, coba jalankan aplikasinya dengan mengklik debug. Tunggu hingga aplikasinya muncul dilayar monitor. Jika sudah muncul silahkan tes setiap button apakah berfungsi atau tidak. Jika terdapat error coba cek kembali setiap block/scriptnya.

7. Jika aplikasi sudah sukses terbuat dan Anda ingin membentuknya ke format .apk agar dapat di instal di perangkat android pilih saja Build pada menu bar kemudian pilih App ( save .apk to my computer ). Hasilnya cari di folder Download, pindahkan ke perangkat andriod kalian apabila sudah selesai di build.

8. Terakhir coba Anda instalkan di perangkat Android Anda. Jika sukses, selamat berarti Anda sudah bisa membuat aplikasi kalkulator sederhana.

Demikian mengenai tutorial pembuatan kalkutor sederhana di MIT App Invertor 2. Semoga dengan menguasi cara pembuatan aplikasi Kalkulator sederhana ini Anda memdapatkan Inpirasi untuk membuat sebuah aplikasi mobile lainnya yang lebih keren dan bermanfaat.

Somoga apa yang kami bagikan bermanfaat dan membantu.Terima kasih telah berkunjung jangan lupa dishare ya :)

Wassalamualaikum Wr.Wb

2 Responses to "Cara Membuat Aplikasi Kalkulator Android Menggunakan MIT App Invertor 2"

  1. BroGerrr : selain buat aplikasi kalkulator, bisa buat aplikasi apa lagi gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat aplikasi seperti tebak gambar juga bisa Gan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel