-->

9 Tips jitu mengatasi komputer atau laptop windows yang lemot 100% Work



Komputer yg lambat atau lemot sering membuat kita kesal dan marah. Apalagi ketika laptop sedang digunakan untuk keperluan kita yang sangat penting. Apalagi ditambah dengan koneksi internet yang lemot juga, rasanya mungkin kamu ingin melemparkan laptop Anda, bukan?

Tetapi jangan dulu dilempar, sebenarnya itu kembali ke bagaimana usernya memperlakukkan laptop tersebut. Yup, kembali kepada dirimu sendiri. Jika spesifikasi komputermu rendah, maka tidak mungkin komputermu dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang sangat berat. Contohna adalah game yang ukuran besar, dan aplikasi-aplikasi yang akan memakan memori sangat banyak.

Penyebab komputer lemot, sebenarnya tidak tergantung juga dengan sepesifikasinya.  Jika processor yang kamu gunakan sangat bagus, tetapi jika Anda terlalu jorok menggunakannya maka tidak mungkin tidak akan mengalami kendala.

Tetapi jika ingin supaya komputer Anda terasa fresh kembali seperti semula, maka jalan yang Anda pilih adalh dengan cara Instal ulang Windows Komputer Anda. Namun kemungkinan juga file penting Anda akan terhapus.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini Jejak Kaki  akan membagikan trik bagaimana supaya komputer yang kamu gunakan lancar ataupun mengurangi kendala lemot tanpa Instal ulang windows. Oke simak baik-baik dibawah ini ya.

1. Terlalu banyak aplikasi berjalan

Terkadang kita harus melakukan proses Multitasking supaya mempercepat pekerjaan kita. Tapi, sadarkah Anda bahwa dengan membuka aplikasi berjalan secara bersamaan akan membuat komputer Anda sangat lemot?

So, supaya mempercepat kembali komputer Anda adalah dengan cara memberhentikan aplikasi-aplikasi berjalan yang tidak terlalu penting.
Lalu bagaimana caranya?

Silahkan klik Start kemudian cari “Task Manager” dan langsung buka Task Managernya. Maka akan tampil aplikasi apa saja yang sedang bejalan.Silahkan kamu pilih salah satu aplikasi yang menurut kamu tidak dibutuhkan saat komputer digunakan. Kemudian klik “End Task” maka aplikasi tersebut akan berhenti berjalan.

Sehingga dengan cara ini, penyebab lemotnya komputer akan terkurangi.

2. Perbesar kapasitas RAM dan Harddisk

Jika memang komputer Anda masih tetap lemot ketika digunakan, maka cara yang satu ini akan memberikan effect yang signifikan pada komputer Anda yaitu dengan cara merubah hardwarenya. Proses multitasking yang cukup lama dan banyak menjalankan aplikasi, akan memakan banyak kapasitas RAM komputer Anda.

Sehingga perhatikan kapasitas ruang kosong Harddisk Anda juga. Jika sudah terlalu penuh, maka tidak heran jika komputter Anda lemot. Sehingga saya sarankan Anda untuk menambah kapasitas Harddisk Komputer Anda supaya komputer Anda berjalan dengan normal kembali. Dan tidak ada salahnya juga Anda membeli SSD.

3. Hapus file Sampah pada Recycle Bin Komputer Anda

Biasanya ketika kita menghapus file tertentu, maka secara otomatis komputer tidak akan menghapusnya secara permanen terlebih dahulu melainkan akan disimpan pada recycle bin. Ini supaya Anda bisa menggunakan file tersebut suatu saat nanti.

Akan tetapi jika file pada recycle bin dibiarkan menumpuk, maka akan membuat komputer Anda lemot. Ini dikarenakan file-file tersebut masih tersimpan pada harddisk Anda namun dalam keadaan disembunyikan.

Sehingga silahkan Anda hapus file-file yang menurut Anda tidak penting. Dengan cara klik kanan pada Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.

4. Terlalu banyak aplikasi tidak penting

Terkadang kita terlalu serba penasaran untuk menginstall berbagai aplikasi. Namun hanya digunakan beberapa saat saja atau bahkan sudah tidak pernah digunakan kembali.

Sehingga hanya akan membuat harddisk Anda penuh dengan sia-sia. Dan kembali lagi, komputer Anda akan berat.

Sehingga sangat saya sarankan untuk menghapus aplikasi-aplikasi Anda yang tidak digunakan kembali dengan cara sebagai berikut.
  • Klik Start
  • Cari Control Panel
  • Kemudian pilih Uninstall a program, dan pilihlah aplikasi yang ingin Anda hapus.
Dengan ini kapasitas harddisk Anda akan sedikit lega...

5. Install aplikasi Anti Virus

Bukan hanya Hardware yang berpengaruh lemotnya komputer Anda. Bisa juga Software komputer Andalah yang terjangkit virus. Karena biasanya Virus Malware dan Spyware yang menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat serta merusak berbagai data pada komputter Anda.

Sehingga installah aplikasi Anti virus yang ringan untuk komputter Anda, supaya komputer Anda bebas dari virus dan kinerja komputer berjalan dengan normal kembali.

6. Spesifikasi komputer yang kurang memadai

Ini biasanya terjadi pada komputer yang berspesfikasi rendah namun Anda memaksa menginstal aplikasi yang sangat berat. Sehingga akan mempengaruhi kinerja Komputer Anda. Sehingga sebelum Anda akan menginstal aplikasi pada komputer Anda, alangkah baiknya Anda mencari terlebih dahulu informasi dari aplikasi yang akan diinstal apakah cocok dengan spesifikasi komputer Anda.

7. Drefrag Harddisk komputer Anda

Kebiasaan dalam menggunakan komputter adalah dengan menyimpan file-file dengan sembarangan, sehingga akan terssimpan secara ttidak teratur. Inilah juga yang menyebabkan kinerja komputer Anda menjadi lambat. Karena harddisk akan terasa penuh oleh file-file yang berantakan.

Maka dari itu harddisk komputer Anda perlu di-Drefeg supaya file –file tersimpan secara teratur. Lalu bagaimana caranya? Yaitu sebagai berikut.
  • Klik Start, pilih All Program, klik System Tool, dan pilih Disk Deragmenter
  • Kemudian pilihlah partisi disk yang akan di Defrag, lalu pilih Defragment Disk. Maka secara otomatis system akan menganalisis terlebih ahulu sebelum mendefrag partisi.
  • Tunggulah sampai proses selesai. Lama proses tersebut tergantung dengan tingkat keberantakan file pada Harddisk Komputer Anda

8. Terlalu banyak menggunakan effect visual

Memang dengan semakin banyaknya effect visual yang kita pakai, maka semakin bagus pula kita lihat/pandang. Btw, tahukah Anda bahwansanya jika terlalu banyak menggunakan efffect visual yang berjalan pada komputer Anda maka semakin lemot juga kinerja komputer Anda.

Untuk itu saya sarankan jangan terlalu banyak menggunakan effect visual. Untuk meatikannya adalah sebagai berikut.
  • Klik Start dan masuk ke Control Panel
  • Kemudian pilih System and Security, dan klik System
  • Kemudian pilih Advanced system Setting
  • Pindahkankan ke tab Advanced, kemudian pilih Setting pada menu Perfromance
  • Selanjutnya pada tab Visuall Effect, pilihlah costum dan unchek visual yang akan dimatikan.

9. Hapus Gadget yang tidak penting



Selain Effect visual yang menjadi salah satu penyebab kinerja komputer Anda lemott, gadget yang Anda pasang pada Desktopun adalah salah satu penyebabnya. Sehingga saya saarankan untuk menghapus beberapa gadget yang terpasang pada Desktop komputer Anda. Mungkin untuk komputer yang berspesifikasi tinggi hal ini tidak akan terlalu terasa, tetapi untuk yang spesfikasi rendah Anda mungkin akan merasaknnya.

Kesimpulan...

Pada dasarnya, komputer  akan awet dan kuat terganttung pada pemakainya. Jika Anda memakainya dengan cara yang sewajarnya sesuai dengan spesfikasi komputer Anda, maka komputer Anda akan tahan lama. Dan begitupun sebaliknya.

Jadi, jika komputer Anda terasa lemot biasakanlah menggunakannya sewajarnya saja. Ataupun Anda dapa memakai beberapa tips diatas untuk mengurangi gejala lemot pada kinerja komputer Anda. So, itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekan pada komputer Anda, dan semoga bermanfaat.

1 Response to "9 Tips jitu mengatasi komputer atau laptop windows yang lemot 100% Work"

  1. JACKPOT MENANTI ANDA BOSQUEE ^^

    Mari bergabung bersama KARTUVIPQQ Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia.

    Jangan menunda kesempatan untuk jadi jutawan, join sekarang juga !!!

    Jangan mengaku jago main poker & domino kalau belum bermain di KARTUVIPQQQ

    Kami hadir dengan 8 macam permainan dalam 1 ID :
    - Bandar Poker
    - Poker
    - BandarQ
    - Bandar66
    - Domino99
    - Bandar66
    - Sakong
    - Capsa Susun

    Dapatkan bonus terbesar di KARTUVIPQQ
    - BONUS MINGGUAN : 0.5% [Tanpa Syarat]
    - BONUS REFERRAL : 20% [Seumur Hidup]

    Ajak teman anda sebanyak-banyaknya dan tingkatkan turnover Anda, maka makin banyak bonus yang akan di dapatkan.

    Kemenangan anda merupakan kebanggaan kami, karena dengan kemenangan anda, maka anda akan semakin betah bermain di KARTUVIPQQ

    - LiveChat KARTUVIPQQ Online 24 Jam Non Stop
    - Support Platform ANDROID dan IOS
    - Minimal Deposit 15.000 / Withdrawnya Rp 20.000
    - Proses Deposit / Withdraw tidak sampai 3 menit !
    - Bertransaksi di support 5 BANK : BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON
    - 100% Player VS Player ( NO ROBOT / ADMIN!)
    - Win Rate Tertinggi 99% Pasti Menang


    Gabung Di Sini, Lebih Banyak Menangnya !!!

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di.
    Link : https://bit.ly/2Jhy2iu
    Whatsapp : +85510791654

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel