-->

Cara Mengkoneksikan Project Aplikasi ke Database pada VISUAL STUDIO 2010

Membuat sebuah aplikasi Desktop pada Visual Studio 2010, umumnya membutuhkan sebuah database untuk menyimpan data yang penting pada aplikasi yang dibuat. Karena database fungsinya yaitu untuk menampung data-data yang diinputkan pada aplikasi tersebut yang nantinya akan dieksekusi kembali. Sehingga peran database pada sebuah aplikasi Desktop sangat penting. Maka dari itu kompnesia.blogspot.com akan berbagi tutorial untuk CARA MENGKONEKSIKAN PROJEK KE DATABASE PADA VISUAL STUDIO 2010.

Untuk mengkoneksikan ke database, wajib bagi komputer Sobat untuk menginstal terlebih dahulu aplikasi MySqlConnector yang sesuai dengan processor komputer Sobat. Jika processornya 32bit maka instal aplikasi MySqlConnector yang 32bit, sedangkan jika 64bit maka instal aplikasi MySqlConnector yang 64bit. Sobat bisa searching di google aplikasinya, gratis ko.

Selain itu Database yang akan dikoneksikan harus terlebih dahulu dibuat dan siap pakai. Untuk cara membuat database, Sobat bisa klik disini.

Setelah membuat Database, sekarang Sobat buka aplikasi Visual Studio 2010 dan buka projek yang ingin dikoneksikan dengan Database. Kemudian klik Project pada Task Bar, kemudian klik yang paling bawah yaitu “namaprojectkamu Properties…” atau perhatikan gambar dibawah ini.


Setelah itu maka akan tampil tampilan Konfigurasi. Pilih tab References lalu klik Add dibawah. Lalu kemudian pilih tab NET lalu scroll kebawah cari MySql.Data. Lalu pilih dan klik OK.

Setelah di Add References.. maka kita buat Module Koneksinya terlebih dahulu dengan cara klik Project pada Task Bar, lalu pilih Add Module kemudian beri nama mdlkoneksi. Setelah module terbuat klik CTRL+A lalu klik Delete. Maka syntax yang tersedia akan terhapus. Sobat tinggal Copas syntax dibawah ini.


Imports MySql.Data.MySqlClient
Module Mdl_koneksi
Public conn As MySqlConnection
Public da As MySqlDataAdapter
Public cmd As MySqlCommand
Public ds As DataSet
Public str As String
Dim rawdata() As Byte
Public tabel As DataTable
Dim DR As MySqlDataReader

Sub koneksi()
Try
Dim str As String = "SERVER=localhost;DATABASE=db_rhendrik;UID=root;PWD=;PORT=3306"
conn = New MySqlConnection(str)
If conn.State = ConnectionState.Closed Then
conn.Open()
End If
Catch ex As Exception
MessageBox.Show(ex.Message)

End Try
End Sub

End Module

Sehingga akan seperti dibawah ini. Coba perhatikan syntax tersebut, terdapat nama “db_rhendrik” tanpa kutip. Nama tersebut adalah nama database yang akan kita gunakan atau koneksikan dengan projek yang dibuat. Silahkan Sobat hapus nama tersebut dan ganti dengan nama database yang Sobat buat.


Pada tahap ini pengkoneksian Database dengan projek yang dibuat telah selesai. Silahkan Sobat lanjutkan tahap pembuatan aplikasi dalam proses CRUED (Create, Read, Use, Edit, dan Delete). Jangan lupa pada setiap form yang terhubung dengan Database harus diimport terlebih dahulu dengan cara meletakan kode berikut dipaling atas script.

Imports MySql.Data.MySqlClient
Mungkin cukup sekian Cara Mengkoneksikan Project Aplikasi ke Database pada VISUAL STUDIO 2010 yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa dishare ya Sob.

0 Response to "Cara Mengkoneksikan Project Aplikasi ke Database pada VISUAL STUDIO 2010"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel