-->

Cara Membuat Koneksi Database Mysql Di Visual Basis Atau Microsoft Visual Studio 2010 Dan 2012 Dengan Muda


Mysql adalah Bahasa pemograman yang di gunakan untuk memberikan intruksi kepasa sistem untuk merancang atau mengatur Data Base, dan Visual Basic sendiri adalah aplikasi yang di buat pengembang untuk kita para pengembang mengembangkan aplikasi Desktop. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagai mana cara membuat koneksi DataBase ke aplikasi Visual Basis 2010 dan 2012.

Sebelum kami menerangkan cara koneksinya ada hal yang kalian perlu ketahui, Bahasa basic yang versi lama bisa di gunakan dalam versi terbaru. Jadi bisa kita simpulkan bahwa koneksi VB 2010 bisa di gunakan di VB 2012. Nah jadi kali ini kami mungkin akan menerangkan materi koneksi ini dalam satu arikel, tapi tetap saja yang namanya beda aplikasi pasti ada perbedaanya.

Dunia Teknologi dan Informasi pasti selalu berkembang dari tahun ke tahun, dan ini sebenarnya menjadi masalah bagi para perogremer karna dalam pembuatan apilikasi kita harus memahami yang namanya Bahasa pemograman, dan setiap perkembangannya itu ada beberapa perubahan Bahasa seperti MYSQL yang berubah menjadi MYSQLI.

Nah maka dari itu kami akan menjelaskan kodingan koneksi yang dapat di gunakan di aplikasi Microsoft Visual Studio 2010, Microsoft Visual Studio 2012, dan bahkan Microsoft Visual Studio 2015. Tanpa berlama –lama mari kita bahas satu persatu.
Ada beberapa hal yang perlu di persiapkan dalam melakukan koneksi DatabBase MYSQL ke aplikasi Visual Basic

  • Aplikasi Microsoft Visual Studio versi 2010 ke atas.
  • XAMPP yang akan kita gunakan sebagai server dari MYSQL.
  • MYSQL CONNECTOR yang akan kita gunakan sebagai aplikasi penghubung dari DataBase MYSQL dan Microsoft Visual Studio. Sebenarnya ada lagi aplikasi MSQL ODBC CONNECTOR namun kali ini saya akan menjelaskan MYSQL CONNECTOR dulu saja.


Setelah semua aplikasi di atas terinstal lakukan intruksi di bawah ini:

  • Buka aplikasi XAMPP dan klik star pada mysql.
  • Pastikan kalian telah membuat DataBasesnya terlebih dahulu, kalo kalian belum tau bagai mana membuat DataBase bisa baca di artikel sebelumnya.
  • Buka aplikasi Visual Studio dan buat projek baru dengan cara klik New Project → plih Bahasa visual basic dan pilih windows froms application jangan lupa beri nama aplikasinya lalu klik OK
  • Kalian akan di bawa ke tampilan kerja seperti di bawah ini
  • Setelah itu pilih project → add reference → cari MySql.Data → OK
  • Jika sudah buat modulnya project → add modul → add


Catatan : bila kalian tidak menemukan add refrence atau add modul kalian pilih add new item dan cari refrence.
Kalian bisa ketikan kode di bawah ini pada modul.
Kodingan di atas terbagi ke dalam 3 bagian

  1. Digunakan untuk memanggil MYSQL CONNECTOR supaya bisa mengambil data dari DataBase
  2. Ini adalah pembuatan variable yang masing masing memiliki fungsi yang berbeda, disini saya hanya akan membahas variable conn saja yang akan di jelaskan pada  No. 3 sementara yang lainya akan di bahas pada artikel yang berbeda.
  3. Ini adalah pemberian fungsi pada variable conn di mana variabel ini berfungsi untuk memanggil DataBase. Kalian hanya perlu mengubah db_surat dengan nama DataBase kalian, kecuali kalian melakukan stingan pada XAMPP maka ada penyesuaian yang harus kalian ubah lagi.


Kami mengucapkan terima kasih karna sudah berkunjung di blog kami. Bila ada yang kura  dipahami bisa di tulis di kolom komentar.
Thanks For Reading



0 Response to "Cara Membuat Koneksi Database Mysql Di Visual Basis Atau Microsoft Visual Studio 2010 Dan 2012 Dengan Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel