-->

Cara Membuat DataBase Dengan 4 langkah Di CMD

Jejak Kaki – Anda pernah mendengar atau membaca istilah databasae? Jika anda seorang programmer ataujuga seorang anak RPL mungkin sudah tidak asing lagi. Karena mungkin setiap hari akan berurusan dengan yang satu ini. Karena database adalah salah satu komponen penting pada sebuah aplikasi. Mungkin yang banyak orang tahu untuk membuat sebuah database dengan dengan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Ms. Acces, dan tidak banyak orang tahu juga bahwa aplikasi yang digunakan untuk membuat database juga bisa digunakan oleh aplikasi CMD (Command Prompt) karena kerumitannya. Dimana kita harus mengoding terlebih dahulu dalam pembuatan databasenya jika yang digunakan adalah aplikasi Command Prompt. Namun salah satu kelebihan membuat database dengan CMD yaitu efektif dan sangat cepat dan dapat melihat tampilan table secara cepat dengan menggunakan syntax tertentu.
Untuk membuat database di Command Prompt sendiri kita menginstal terlebih dahulu aplikasi Xampp yang berfungsi sebagai Server sehingga terhubung dengan PhpMyAdmin dimana bisa diakses langsung dengan aplikasi Browser. Dikarenakan kita akan membuat database di aplikasi CMD sehingga kita tidak perlu masuk ke Browser melainkan langsung mengguakan CMD. Jika Anda sudah menginstal dan dapat menjalankan aplikasinya Anda sudah dapat membuat database di CMD.
Untuk mengetahui tutorialnya, berikut adalah Tutorial pembuatan database di CMD :

Langkah penting pertama yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan terlebih dahulu MySql dengan mengklik Start pada jajaran MySql sehingga seperti tampilan dibawah ini dimana tulisan MySql menjadi berwarna biru.


Setelah Anda mengaktifkan MySql di aplikasi Xampp, langkah selanjutnya adalah menghubungkan CMD dengan Xampp caranya adalah dengan mengetikan syntax seperti dibawah ini :
cd c:/xampp/mysql/bin (Enter)
Jika sudah kalian harus mengetikan kode selanjutnya sebagai berukut:
Mysql –u root (Enter)

Maka akan tampil seperti gambar di Tas. Tandanya CMD sudah terhubung dengan Xampp


Selanjutnya kalian tinggal membuat DataBase dengan sintak sebagai berikut.
Create database latihan1; (Enter)

Perintah Create dalam Bahasa ingris adalah membuat, jaadi maksud dari kode di atas kalo di teranslate ke Bahasa Indonesia adalah membuat database latihan1.

0 Response to "Cara Membuat DataBase Dengan 4 langkah Di CMD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel